Sabtu, 31 Maret 2012

TUGAS AWAL PRAKTIKUM “Regenerasi”


Nama : Wahyudi
Stambuk : A 221 10 042


1.      Tuliskan dan jelaskan faktor-faktor yang mempengarhi regenerasi!
Jawab:
Regenerasi dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah:
·         Temperature/suhu, Kenaikan dari temperatur, pada hal tertentu, mempercepat regenerasi. Regenerasi menjadi lebih cepat pada suhu 29,7o C. Faktor bahan makanan tidak begitu mempengaruhi dalam proses regenerasi.
·         Pengaruh PH, yaitu cacing tanah memiliki system pencernaan yang kurang sempurna, Karena sedikitnya enzim pencernaan. Oleh karena itu cacing tanah memerlukan bakteri untuk memecah bahan makanan.Aktivitas bakteri yang kurang dalam makanannya menyebabkan cacing tanah kekurangan makanan dan akhirnya mati karena tidak ada yang membentu pencernaan senyawa karbohidrat dan protein. Namun bila makanan terlalu asam maka aktivitas bakteri berlebihan. Hal ini akan menyebabkan pembengkakan tembolok pada cacing tanah dan berakhir dengan kematian. Pula keadaan makanan atau lingkungan yang terlalu basah mengekibatkan cacing tanah kelihatan pucat dan kemudian mati. Untuk pertumbuhan yang baik dan optimal diperluan pH antara 6,0 – 7,2
·         Pengaruh Kelembaban sebanyak 85% dari tubuh cacing tanah berupa air, sehingga sangatlah penting untuk menjaga media pemeliharaan tetap lembab. Karena jika kadar kelembaban kurang kulit dari cacing tanah akan terdehidrasi dan kehilangan sebagian berat tubhnya dan jika hal ini terjadi cacing akan mengalami regenerasi yang sulit sehingga ia lebih memilih untuk berimigrasi.
·          
·         Ketersediaan bahan organic, bahwa cacing tanah membutuhkan materi organic yang cocok dan baik untuk pertumbuhan dan regenerasinya, salah satu bahan organic yang disukai oleh cacing adalah seresah.
·         Intensitas CahayaCahaya berpengaruh terhadap pembelahan pada cacing tanah. Menurut Anonim(2005e), kegelapan bisa merangsang pembelahan. Cahaya yang dikenakan secara terusmenerus pada pembelahan planaria mempunyai dampak yang berbeda dibandingkan jikacahaya yang dikenakan diselingi dengan kegelapan.

2.      Apakah proses regenerasi terjadi pada semua makhluk hidup atau tidak? jelaskan !
Jawab:
Ya, Karena semua organisme khususnya hewan memiliki kemampuan untuk memperbaiki struktur atau jaringan yang mengalami kerusakan akibat kecelakaan yang tidak disengaja karena kondisi natural atau kerusakan yang disengaja oleh manusia untuk keperluan penelitian atau experimen. Hilangnya bagian tubuh yang terjadi ini setiap saat dapat muncul kembali, dan dalam kasus ini proses memperbaiki diri ini kita sebut sebagai regenerasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar